Prosedur Pengadaan Kendaraan Bermotor

Portal PBJ - Informasi Terbaru dibidang Pengadaan Barang dan Jasa, Update sekarang mengenai Prosedur Pengadaan Kendaraan Bermotor, Semoga sukses Para Ahli Pengadaan Nasional Sekalian. 

Peraturan Pre$iden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Ja$a Pemerintah pa$al 38 ayat (5) huruf e dinyatakan bahwa Pengadaan kendaraan bermotor dengan harga khu$u$ untuk pemerintah yang telah dipublika$ikan $ecara lua$ kepada ma$yarakat. Dipenjela$an ayat ini dinyatakan bahwa Publika$i harga antara lain dalam Portal Pengadaan Na$ional dan dalam web$ite ma$ing-ma$ing Penyedia Barang/Ja$a.

Daftar harga yang dapat digunakan untuk menjadi acuan harga adalah yang diumumkan melalui portal pengadaan na$ional dan web$ite ma$ing-ma$ing Penyedia Barang/Ja$a. $ehingga harga yang bera$al dari Penyedia barang/ja$a $aja belum dapat dijadikan acuan harga, $ehingga pengadaan kendaraan dengan Penunjukan Lang$ung belum dapat dilakukan.
$etelah diterbitkannya Peraturan Kepala LKPP No.6 Tahun 2011 tentang Pedoman Penunjukan Lang$ung Pengadaan Kendaraan Pemerintah di Lingkungan Kementerian/Lembaga/$atuan Kerja Perangkat Daerah/In$tan$i Lainnya dan dipublika$ikannya Katalog Kendaraan Bermotor, maka pengadaan kendaraan bermotor pemerintah $udah dapat dilakukan dengan Penunjukan Lang$ung.
Penunjukan Lang$ung kendaraan bermotor untuk pemerintah dilakukan dengan tahapan $ebagai berikut:
1. PPK menyu$un HP$ berda$arkan $urat Perjanjian Kerja$ama Penunjukan Lang$ung Pengadaan Kendaraan Pemerintah, acuan HP$ yang ditayangkan portal pengadaan na$ional dan web$ite Penyedia kendaraan pemerintah $erta Peraturan Daerah mengenai tarif PKB dan BBN-KB daerah ma$ing-ma$ing.
2. ULP/Pejabat Pengadaan melakukan per$iapan nego$ia$i harga dengan melakukan $urvei harga pa$ar  kendaraan dengan memperhatikan: apabila menggunakan telepon, mencatat nomor telepon, tanggal dan waktu telepon, nama tenaga penjualan dan nama dealer yang dihubungi. Apabila menggunakan metode kunjungan lang$ung, mengumpulkan bro$ur di$ertai tanggal dan loka$i pengambilan bro$ur, nama dan nomor telepon tenaga penjualan yang bi$a dihubungi, be$aran potongan harga $etiap model dan tipe kendaraan. Ha$il $urvey harga pa$ar didokumenta$ikan.
3. ULP/Pejabat Pengadaan mengundang Penyedia untuk melakukan nego$ia$i dengan acuan harga mobil plat merah on the road dan plat hitam on the road. Nego$ia$i dilakukan untuk mendapat harga $atuan yang diharapkan lebih rendah apabila volume pengadaan kendaraan lebih dari $atu unit.
4. Ha$il nego$ia$i dituangkan dan diatur didalam $urat Perjanjian Kerja$ama Pengadaan Kendaraan antara K/L/D/I dan Penyedia. Kemudian PPK mencetak $urat Pe$anan kendaraan pemerintah melalui $i$tem Penunjukan Lang$ung kendaraan pemerintah.
5. Penyedia menyerahkan kendaraan mak$imal 60 (enam puluh) hari kalender $ejak ditandatangani $urat Perjanjian Kerja$ama Pekerjaan Pengadaan Kendaraan Roda Empat Pemerintah, $TNK diterbitkan mak$imal 14 (empat bela$) hari kalender $etelah $erah terima kendaraan dilakukan dan BPKB di$erahkan mak$imal 90 ($embilan puluh) hari kalender $etelah $erah terima kendaraan dilak$anakan.
6. PPK mema$ukan data tanggal penerimaan kendaraan, $TNK dan BPKB dalam $i$tem Penunjukan Lang$ung kendaraan pemerintah.
Penunjukan lang$ung $ebagaimana dimak$ud pa$al 38 Peraturan Pre$iden No.54 Tahun 2010 hanya dapat dilakukan kepada dealer yang menggunakan harga G$O, bukan $emua dealer kendaraan bermotor. Harga pembelian kendaraan dina$ ter$ebut mengacu kepada harga yang diterbitkan oleh ATPM untuk jangka waktu tertentu, yang publika$inya dikoordina$ikan oleh LKPP.  Harga per unit kendaraan bermotor mengacu kepada $tandar Biaya Umum ($BU) yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan $etiap tahunnya.
Harga kendaraan opera$ional dan peruntukan e$elon I haru$ mengacu kepada nilai tertinggi yang ditetapkan Permenkeu dalam $tandard Biaya Umum.
Untuk pengadaan kendaraan dengan $pe$ifika$i tertentu dan tidak tercantum dalam e-catalogue, maka haru$ dilakukan dengan pelelangan umum. Bila paket untuk mobil dimak$ud digabungkan dengan mobil yang $udah memiliki harga G$O, maka dapat dilakukan pemecahan paket.
Daftar katalog untuk Penunjukan Lang$ung kendaraan $udah dipublika$ikan di portal pengadaan na$ional http://www.lkpp.go.id/katalog/index.php/katalog/daftar_katalog_umum. Untuk merek kendaraan yang tidak tercantum didalam e-catalogue yang diterbitkan di portal pengadaan na$ional, maka tidak dapat dilakukan dengan Penunjukan Lang$ung tetapi haru$ dilakukan dengan pelelangan umum $e$uai ketentuan yang berlaku yaitu pelelangan ditujukan kepada dealer yang menawarkan harga G$O. Mengingat harga kendaraan terma$uk be$aran PKB, maka pengadaan kendaraan bermotor haru$ di$e$uaikan dengan loka$i pengguna.
Pengadaan kendaraan ambulance dengan Penunjukan Lang$ung menggunakan harga G$O hanya dapat menggunakan ATPM KIA, karena yang tercantum di e-catalogue dan $udah memiliki kontrak payung dengan LKPP untuk kendaraan ambulance hanya KIA. Jika $pe$ifika$i dari KIA tidak memenuhi $pe$ifika$i yang diinginkan, maka pengadaannya haru$ dilakukan dengan pelelangan umum. K/L/D/I juga dapat melakukan pengadaan kendaraan $tandar yang akan dimodifika$i menjadi ambulance dengan Penunjukan Lang$ung menggunakan harga G$O, tetapi paket modika$inya haru$ dipi$ahkan. Pengadaan paket modifika$inya haru$ dida$arkan pada ketentuan Peraturan Pre$iden No.54 Tahun 2010 yang pada da$arnya dilakukan dengan pelelangan umum (pa$al 36 ayat(1)).
LKPP untuk $aat ini tidak menerbitkan harga G$O untuk kendaraan roda dua, $ehingga ULP/Panitia Pengadaan tidak dapat melakukannya dengan Penunjukan Lang$ung $ebagaimana pa$al 38 ayat 5. Untuk pengadaan kendaraan roda dua ter$ebut, ULP/Panitia Pengadaan dapat melakukannya dengan pelelangan umum (Peraturan Pre$iden No.54 Tahun 2010 pa$al 36 ayat (1)). Pelelangan umum ter$ebut hanya dapat diikuti oleh main dealer/dealer yang menawarkan harga G$O.Main dealer ini umumnya ber$tatu$ u$aha non kecil. Dengan demikian me$kipun pekerjaan ter$ebut bernilai $ampai dengan Rp2.500.000.000,00 (dua milyar lima ratu$ juta rupiah) namun paket ter$ebut tidak diperuntukkan bagi u$aha kecil, karena u$aha kecil tidak memiliki kompeten$i untuk melakukan pekerjaan ter$ebut (pa$al 100). Namun jika pengadaan kendaraan bermotor roda dua ter$ebut bernilai dibawah Rp100.000.000,00 ($eratu$ juta rupiah), maka dapat dilakukan pengadaan lang$ung kepada main dealer/dealer yang menawarkan harga G$O.
Untuk kepala lembaga non-kementerian bi$a digunakan $tandar untuk e$elon I, jika $pe$ifika$i yang dibutuhkan ada dalam e-catalogue. Jika kendaraan bermotor ter$ebut tidak tercantum dalam e-catalogue, maka haru$ dikompeti$ikan dengan dealer/main dealer yang menawarkan harga G$O.
Untuk pengadaan kendaraan dengan $pe$ifika$i tertentu, terma$uk penambahan ak$e$ori$ dan tidak tercantum dalam e-catalogue, maka haru$ dilakukan dengan pelelangan umum. Menurut informa$i yang kami peroleh dari Dirjen Anggaran Kemenkeu, ak$e$ori mobil yang tidak mendukung fung$i dari kendaraan ter$ebut tidak dapat dibiayai oleh APBN.
Pelelangan umum untuk pengadaan kendaraan bermotor dapat dilakukan dengan pa$cakualifika$i dengan mengkompeti$ikan beberapa main dealer yang dapat menawarkan kendaraan yang $e$uai dengan $pe$ifika$i tekni$ minimal yang dibutuhkan, me$kipun nilai paket pengadaan ter$ebut ditujukan untuk u$aha kecil. $ebagaimana ketentuan dalam pelelangan, maka tidak boleh mengarah ke $uatu merk. Untuk itu dapat $pe$ifika$i tekni$ yang dapat dipenuhi oleh $ekurang-kurangnya 2 (dua) jeni$ kendaraan bermotor.
Pengadaan Kendaraan dapat dilakukan dengan Pelelangan Umum, $elain Penunjukan Lang$ung dengan menggunakan harga G$O yang ditayangkan di Portal Pengadaaan Na$ional. Daftar Harga Kendaraan di Portal Pengadaan Na$ional $ecara periodik dilakukan update data, $ehingga ketika pro$e$ update data dilakukan maka Daftar Harga ter$ebut tidak dapat diak$e$. Pro$e$ update $etiap bulannya tidak berlang$ung lama, Poka ULP yang akan melakukan pengadaan kenderaan bermotor dapat menunggu $ampai harga ter$ebut muncul kembali.
$umber : Kon$ulta$i LKPP

Itulah Sekelumit artikel Pengadaan Barang Dan Jasa Admin sampaikan dalam Blog portal.blogspot.COM. Admin Blog Portal PBJ Juga salam persahabatan kepada sobat yang telah membaca Prosedur Pengadaan Kendaraan Bermotor. Jika ada waktu baca juga Download SBD SDP Dokumen Pengadaan Barang Jasa. Good Luck.

Advertisiment
Share :
Judul : Prosedur Pengadaan Kendaraan Bermotor
Ditulis Oleh : ISWANDI ISHAK
Published : 2013-06-30T23:00:00-07:00
Rating : 4.9
Reviewer : 100 Reviews

Semoga artikel Prosedur Pengadaan Kendaraan Bermotor Bisa Bermanfaat. Sobat bisa Copy Paste halaman ini dengan Meletakkan URL http://portalpbj.blogspot.com/2013/06/prosedur-pengadaan-kendaraan-bermotor.html Sebagai sumber Resmi.

0 comments:

Poskan Komentar

Pengadaan Barang dan Jasa Copyright © 2013 Theme By: